Program Persiapan Pensiun


'Anda dan pasangan Anda ditunjuk untuk mengikuti Program Persiapan Pensiun tanggal ... dst.' Begitulah bunyi undangan yang sering dilayangkan oleh HR Departement kepada para karyawannya yang akan memasuki pensiun dalam waktu yang tidak lama.

Bagi para karyawan, memasuki pensiun adalah suatu keniscayaan yang menandai akhir masa dinas mereka di perusahaan. Karena itu dapat dimengerti bahwa banyak perusahaan yang menyelenggarakan pelatihan khusus program persiapan pensiun bagi mereka yang akan memasuki masa pensiun, agar mereka menjalani masa pensiun dengan BeBAS (Berkecukupan, Bahagia, Aktif dan Sehat).

Namun, kenyataan kebanyakan Program Persiapan Pensiun tidak memberikan hasil yang diharapkan, baik oleh perusahaan maupu oleh para karyawannya. Ada beberapa hal yang menjadi penyebabnya.

Dari pihak perusahaan, Program Persiapan Pensiun ini hakekatnya adalah program yang tidak memberikan ROI (Return On Invesment) bagi perusahaan dan kerenanya sering tidak ditangani secara profesional, hanya ditangani untuk formalitas saja. Acap kali peserta yang dipilih sudah diambang pensiun, mungkin setahun atau bahkan kurang dari itu.

Selain itu program hanya diberikan pada karyawan saja, tanpa pasangannya. Disamping itu, pemilihan tim pelaksana seringkali berdasarkan biaya termurah. Ada juga perusahaan yang sengaja membuat program ini sebagai 'program hura-hura' untuk menyenangkan mereka yang akan pensiun.

Dari pihak para karyawan, Program Persiapan Pensiun sering diasosiasikan dengan program yang - bagi mereka - kurang atau tidak bermanfaat, tidak menarik, membosankan dan membikin mengantuk. Banyak karyawan yang sama sekali tidak berminat mengikutinya.

Bila hal-hal di atas sering terjadi, maka sangat disayangkan bahwa program persiapan pensiun tidak mengenai sasarannya. Para karyawan tidak memperoleh banyak pembelajaran dan perusahaan juga mengeluarkan biaya besar yang hasilnya tidak sesuai dengan tujuan awal.

Program persiapan pensiun yang dirancang dengan baik sesuai kebutuhan calon pensiun memberi banyak manfaat pada para calo pensiunan yang mengikutinya. Program itu haruslah menyajikan materi yang relevan bagi para peserta, serta menerapkan metode BIG MC (Belajar Itu Gampang, Menyenangkan dan Cepat) agar para peserta dapat menyelami dan menyerap materi pembelajaran dengan baik.


Lihat uniknya Program Persiapan Pensiun di KarierKedua.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kegiatan Setelah Pensiun - Trader vs Investor?

Pelatihan Persiapan Pensiun Jasa Tirta I